LPM Kel. Cipedes : Menyamakan Persepsi Stakeholder Dalam Perencanaan Pembangunan

KIM Cipedes, Bandung - Agar proses pembangunan yang berbasis pemberdayaan masyarakat bisa terlaksana terencana secara partisipatif tentunya perlu adanya pedoman perencanaan sebagai acuan. Untuk mewujudkan hal tesebut, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cipedes mengadakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan LPM, dengan tema bertempat di Aula Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Selasa, 23/05/2017. 

Sekretaris Kelurahan, Sudirman, S.Sos membuka secara resmi Pelatihan Penguatan Kelembagaan tersebut. Nampak hadir pada kesempatan tesebut, Wakil Ketua 1 Bidang Kelembagaan LPM Kota Bandung, Didi S, Ketua LPM Kecamatan Sukajadi, Tamedi, Kasi Eksbang, Meti, Kasie Pemeintahan, Asep Sudrajat, Ketua Foum RW Keluahan Cipedes, Cecep Rohendi.

Ketua LPM Kelurahan Cipedes, Drajat Asidiq mengatakan tujuan dari Pelatihan Penguatan Kelembagaan ini, untuk menyamakan persepsi semua stakeholder yang terlibat dalam perencanaan pembangunan secara partisipatif,” ungkap Drajat. 

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Cipedes, Sudirman, S.Sos berharap dengan adanya Pelatihan Penguatan Kelembagaan ini dapat dijadikan pengetahuan, acuan dalam perencanaan pembangunan kelurahan kedepannya. Sehingga bisa diterapkan dikelembagaan kemasyarakatan yang ada di Kelurahan Cipedes,” ungkap Sudirman. 

Sementara itu, Ketua LPM Kecamatan Sukajadi, Tamedi yang juga sebagai narasumber pada pelatihan penguatan Lembaga memaparkan berbagai program pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat berawal dari pemikiran dan pandangan bahwa perubahan-perubahan dinamis yang terjadi ditengah masyarakat dapat dicapai secara optimal apabila ditempuh melalui peran serta dan partisipatif aktif yang luas dari seluruh masyarakat mulai dari tingkat paling bawah terutama dalam pengambilan keputusan dalam memecahkan berbagai permasalahan melalui metode pemberdayaan masyarakat. 

Menurut Tamedi, suatu perencanaan pembangunan akan tepat mengenai sasaran, terlaksana dengan baik dan dimanfaatkan hasilnya apabila perencanaan tesebut benar-benar memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Untuk itu, khusus pembangunan kelurahan mutlak diperlukan keikutsertaan masyarakat kelurahan secara langsung dalam penyusunan rencana,” ujar Tamedi 

Wakil Ketua 1 Bidang Kelembagaan LPM Kota Bandung, Didi S, menyatakan bahwa untuk merencanakan suatu pembangunan, terlebih dahulu harus mengetahui keadaan saat ini dari yang ingin dibangun sebagai titik awal atau titik tolak penyusunan rencana. Begitu juga bila ingin merencanakan pembangunan kelurahan maka keadaan kelurahan saat ini harus diketahui secara baik. Begitu juga untuk mengetahui hal-hal yang diinginkan masyarakat, layak atau dapat dicapai serta untuk menentukan cara untuk mencapainya maka masyarakat juga harus mengetahui ketersediaan sumber daya yang diperlukan untuk mengatasi setiap masalah yang dihadapi,” ujar Didi. Asep WH/Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes