Diskominfo Prov Jabar Adakan Lomba Komunitas Rtik, Kim Dan Petunra

Dra. Hj. Lovita Adriana Rosa, M.Si.


KIM Cipedes, Bandung | Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat akan mengadakan lomba Komunitas Relawan TIK (RTIK), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Pertunjukan Rakyat (Petunra) Tahun 2017. Pemberdayaan komunitas sejalan dengan konsep Community Development, yaitu: proses pembangunan jejaring interaksi dalam rangka meningkatkan kapasitas dari semua komunitas, mendukung pembangunan berkelanjutan, dan pengembangan kualitas hidup masyarakat.

Pemberdayaan komunitas lingkup komunikasi dan informatika, dapat diartikan sebagai upaya peningkatkan kesejahteraan kelompok untuk meningkatkan harkat dan martabat kehidupannya dengan cara meningkatkan kapasitas dari semua komunitas, mendukung pembangunan berkelanjutan, dan pengembangan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan sarana komunikasi dan teknologi informasi.

Dengan adanya pemberdayaan komunitas melalui kompetisi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, utamanya peningkatan kualitas pendidikan, pembukaan lapangan pekerjaan, dan peningkatan diseminasi informasi yang lebih baik. Dengan demikian, individu/kelompok akan mampu mengembangkan kreativitas serta kemampuan untuk menunjang tingkatkan kejahteraan mereka.

Kasi Komunikasi Kelembagaan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Dra. Hj. Lovita Adriana Rosa, M.Si. bahwa tujuan dati Lomba Komunitas Relawan TIK (RTIK), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Pertunjukan Rakyat (Petunra) Tahun 2017 sebagai bentuk upaya mensosialisasikan Program Pemerintah Daerah Jawa Barat kepada berbagai segmen masyarakat, Gerakan Pemberdayaan Masyarakat melalui TIK yang diselenggarakan oleh pegiat TIK, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pelaku Seni Pertunjukan Rakyat (Petunra), maupun pihak lainnya. Dan juga sebagai ajang silaturahmi stakeholder, komunitas dan masyarakat pengguna teknologi informasi, jejaring KIM dan Petunra guna terciptanya sinergi dalam pembentukan masyarakat informatif dan mensukseskan Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mempercepat penciptaan kemandirian masyarakat dengan pemberdayaan TIK, KIM dan Petunra melalui program Jawa Barat Smart Province dan memberikan apresiasi terhadap komunitas yang telah melakukan pemberdayaan dibidang TIK, Diseminasi Informasi dan Pelestarian Seni Petunra, khususnya di Wilayah Provinsi Jawa Barat.

Lebih lanjut disampaikan Lovita, ketentuan Lomba dalam mengikuti lomba tersebut yaitu Komunitas TIK, KIM, PETUNRA yang telah berdiri dan menjalankan kegiatannya minimal selama 1 tahun, terhitung hingga bulan Maret 2017, dan belum pernah mendapatkan penghargaan peringkat pertama dalam ajang Kominfo Awards yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, serta mendapatkan rekomendasi dan/atau didaftarkan oleh Dinas Kominfo Kab/Kota di Wilayah Provinsi Jawa Barat, setiap Kabupaten/Kota hanya diwakili oleh 1 komunitas RTIK, 1 KIM dan 1 PETUNRA. Pengumuman hasil Penilaian tahap I, 10 Juli 2107, Penilaian Tahap II, 12 s/d 19 Juli 2017. Pengumuman Juara, 20 Juli 2017 dan Penyerahan Hadiah sekitar bulan Agustus 2017.
** Tim KIM Cipedes.

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes