Mahasiswa Polltekkes Bandung Lakukan Pendataan Warga RW.04

Polltekkes Bandung

Bandung, kimcipedes.com | Mahasiswa Politeknis Kesehatan (Politekkes) Bandung melakukan praktek belajar di RW 04 Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Kamis, 30 Oktober 2017.

Dosen Poltekkes Bandung, Neneng mengatakan praktek belajar mahasiswa ini merupakan penerapan pembelajaran teori selama dikampus. Dan sekarang akan dipraktekan ke masyarakat, bagaimana mengenai asuhan kebidanan di komunitas atau di masyarakat. Tujuan dalam asuhan kebidanan komunitas ini yaitu untuk meningkatkan pemberdayaan dan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan diri sendiri dan peduli lingkungan sekitarnya.

Neneng berharap permasalahan yang ada dimasyarakat akan kita fasilitasi dengan cara musyawarah untuk menemukan solusi - solusi masalah yang dihadapi masyarakat.

Neneng menjelaskan berdasarkan PMK No. 39 Tahun 2016 pasal 6 tentang Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan. Pendekatan Keluarga di tingkat Puskesmas dilakukan melalui kegiatan :
  • Melakukan pendataan kesehatan seluruh anggota keluarga;
  • Membuat dan mengelola pangkalan data Puskesmas;
  • Menganalisis, merumuskan intervensi masalah kesehatan, dan menyusun rencana Puskesmas;
  • Melaksanakan kunjungan rumah dalam upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif;
  • Melaksanakan pelayanan kesehatan (dalam dan luar gedung) melalui pendekatan siklus hidup;
  • Melaksanakan Sistem Informasi dan Pelaporan Puskesmas

Kegiatan Pendataan Keluarga Sehat di kelurahan Cipedes ini dilaksanakan dalam mendukung Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS PK) sejak bulan Juli 2017 di semua desa yang tersebar di 30 kecamatan. Sebagai tenaga pelaksana adalah petugas kesehatan di Puskesmas kecamatan Sukajadi yang telah mendapat pelatihan dan berpendidikan minimal Diploma 3 dibantu kader kesehatan yang berada di desanya masing-masing. Beberapa kegiatan dalam pelaksanaan Pendataan Keluarga Sehat seperti pengukuran tekanan darah dan pengisian form KS, pemasangan Stiker, intervensi dengan PIN Kesga.

Polltekkes Bandung

Sementara itu, Bidan Detyaningsih mengatakan pendataan keluarga sehat di lakukan secara door to door, sesuai data yang di dapat dari pihak puskesmas dan kelurahan, kami melakukan praktek di lapangan selama 1 minggu,  untuk melakukan pendataan , mengumpulkan dan menganalisis data permasalahan yang timbul di masyarakatat dan akan kita lakukan musyawarah, diskusi untuk mencari solusi. Harapan kedepannya masyarakat lebih peduli terhadap kesehatannya karena dari hasil-hasil pendataan masih banyak keluarga yang belum memiliki kartu JKN, di RW 04 hampir 56 persen yang belum memiliki JKN. Roomy

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes