Wakapolda Jabar Pimpin Upacara dan Syukuran HUT Satpam Ke-42 Tahun 2023

Wakapolda jabar

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi memimpin Upacara peringatan HUT Satpam ke 42 tahun 2023 dan dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Jabar, Kasat Binmas Polres/Ta/Tabes, Ketua Umum BPD ABIJAPI Jabar serta Ketua DPD APSI Jabar, bertempat di Lapangan Mini Soccer Polda Jabar, Senin (30/1/2023)

Wakapolda Jabar pada kesempatan tersebut membacakan amanat Kapolri yang menekankan bahwa Satpam adalah mitra Polri dan merupakan pengemban tugas Kepolisian terbatas. Menurutnya Polri menyadari bahwa dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat tidak dapat dilakukam sendiri, dibandingkan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Berangkat dari permasalahan tersebut Bapak Kapolri ke- 8 sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Alm Jenderal Polisi ( Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin M.P.A., melakukan benerapa penelitian dan studi banding yang kemudian membentuk suatu pengamanan swakarsa yang menggalang partisipasi masyarakat, dimana latihan dasarnya diberikan oleh Kepolisian .

Ahirnya pada 30 Desember 1980, terbentuklah Satpam yang dikukuhkan dalam SK Kapolri SKEO/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, Badan usaha jasa pengamanan, asosiasi jasa pengamanan, serta stakeholder terkait atas kerja keras dan pengabdiannya dalam memelihara stabilitas Kamtibmas, sehingga selalu terjaga dan tetap kondusif.

Selamat ulang tahun ke 42 kepada seluruh personel satuan pengamanan dimanapun bertugas, semoga dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita - cita Bangsa Indonesia.

Kehadiran satpam merupakan kepanjangan tangan Polri, yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan serta ketertiban.

Dalam perkembangannya Satpam menjadi salah satu bagian yang esensial di berbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Dengan kompetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, Satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas.
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes