Sedimentasi Ditumbuhi Gulma, Sektor 22 Citarum Harum Sub 12 Bebersih Sungai Cikapundung di Wilayah Kelurahan Merdeka

Sektor 22 citarum harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Rumput liar dan sampah domestik di Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Merdeka Kota Bandung dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12.

Rumput liar yang menjadi gulma di wilayah aliran sungai disebabkan banyaknya sedimentasi hingga ditumbuhi gulma. Ditambah sampah domestik jenis plastik dan sisa dapur yang terbuang ke sungai.

Kondisi sungai saat ini menurut Peltu Ade Sukmana selaku Dansub 12 yaitu mesti menggunakan alat berat jika sedimentasi harus dibersihkan total.

"Karena jika dibersihkan alakadarnya hanya menggunakan alat manual jelas tidak akan mencapai hasil yang maksimal, sedangkan alat berat butuh akses yang cukup sedangkan kondisi disini tidak memungkinkan," jelas Ade. Rabu, 01/09/2021.

Perawatan sungai rutin dilakukan oleh satgas berupa pembersihan sampah domestik, limbah kimia, penertiban bangunan liar dan reboisasi merupakan target utama dari faktor menuju penciptaan sungai bersih dan sehat.

Dalam pencapaianya Satgas Sektor 22 melakukan sosialisasi sebagai edukasi bagi warga supaya paham makna dari tujuan Program Citarum Harum yang selama ini terabaikan.

Peltu Ade Sukmana bersama anggota terus bergerak menjaring masyarakat supaya bisa turut serta masuk ke dalam sistem tujuan Citarum Harum.

"Hasil sosialisasi perlu ditegaskan kembali melalui pemerintahan, hal ini sebagai penegasan disiplinisasi yang harus dipatuhi oleh semua kalangan di tengah masyarakat," ujar Ade.

Masih adanya masyarakat yang membuang sampahnya tidak terarah dengan benar, sehingga sungai masih kondisi kotor, disini masih perlu peran semua pihak supaya bisa menyatukan tujuan pada penciptaan sungai yang bisa berguna bagi masyarakat banyak.
** M. Edwandi

BACA JUGA :

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes