Dansub 09 Sektor 22 Citarum Harum Melakukan Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan ~ KIM Cipedes
iklan banner
iklan banner

Dansub 09 Sektor 22 Citarum Harum Melakukan Pengawasan Normalisasi Sungai Cipamokolan

Sektor 22 citarum harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Satgas Sektor 22 Citarum Harum konsisten pada Pemeliharaan Sungai salahsatu upaya pada percepatan penyelamatan sungai.

Satgas Sub 09 Sektor 22 Citarum Harum yang dipimpin Peltu Ihwan mengawasi normalisasi Sungai Cipamokolan di Kecamatan Rancasari tepatnya di Rw 07 Kelurahan Darwati Kota Bandung, Kamis, 03/06/2021.

Peltu Ihwan menyampaikan, normalisasi di wilayah ini dilakukan BBWS Citarum, menggunakan 2 (dua) alat berat dengan pengerjaan pengerukan sedimentasi sungai.

"Kedua alat berat ini mengeruk sedimentasi yang ada di tepian Sungai Cipamokolan supaya lebarnya kembali sesuai lebar asli sungai," jelas Ihwan.

Satgas Citarum Harum terus melakukan pendorongan kepada pemerintah daerah, pada normalisasi sungai dan pemeliharaanya, mengacu pada percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai.

Hal diatas sebagai konsep untuk mengembalikan fungsi sungai di benerapa tahun kebelakang, bahwa sungai sebagai sumber kebutuhan hidup masyarakat banyak.

"Kami melakukan sosialisasi program Citarum Harum baik kepada warga juga kepada pemerintah, dengan tujuan mengembalikan fungsi sungai selain bersih dan sehat juga sungai salah satu hiasan daerah," imbuh Ihwan.

Dengan suksesi Program Citarum Harum kedepan, sungai bisa dijadikan destinasi wisata, sehingga keberadaan sungai yang bersih dan sehat akan mengacu pada peningkatan kemajuan perekonomian masyarakat, karena fungsi sungai bisa dijadikan sarana wisata bagi warga setempat.

Tujuan ini tersurat pada harapan diterbitkannya Peraturan Presiden No 15 - 2018 yang menggerakan kaum Pentahelix supaya bergerak bersama sama membangun kembali lingkungan dan sungai saat ini sudah rusak akibat ulah manusia yang ceroboh.

Ihwan menambahkan, pengerukan oleh ke dua alat berat yaitu Excavator SUMITOMO SH 210 dan KOBELCO LONG ARM SK 210 LC.

"Dengan targer menata area bantaran sungai, menumpuk disposal, pengerukan kirmir sepanjang 100 m lebar 2 m tinggi 50 cm dan pengangkutan sedimen nijil," tutup Ihwan.
** M. Edwandi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Kedongdong Memilih

iklan banner

Dr. Uung Tanuwidjaja, SE., MM.

iklan banner

Hari Jadi Ke-211 Kota Bandung

iklan banner

Trending Minggu Ini

BERITA HARI INI