Masif Pada Pemeliharaan, Sektor 22 Citarum Harum Sub 13 Bersihkan Anak Sungai Citepus di Kelurahan Cibaduyut

sektor 22 citaru harum

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG | Masif pada pemeliharaan sungai, Satgas Citarum Harum sektor 22 Sub 13 dipimpin oleh Sertu Dwi Bhakti, membersihkan Anak Sungai Citepus di Rw. 06 Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung, Rabu, 05/05/2021.

Layaknya tanah tidak bertuan pada tampilan bisa terlihat carut marutnya kondisi sungai, saluran maupun selokan yang ada dipelosok Kota Bandung yang selalu dipenuhi rumput liar.

Tampilan tersebut terlihat jelas dengan tumbuhnya rumput liar di batas tanggul maupun bantaran hingga menutup menghalangi saluran.

"Kondisi seperti ini rata rata kami temukan di tiap anak sungai maupun sungai induk, akhirnya kami turun membersihkan supaya sungai bisa terlihat jelas dan bersih," ujar Dwi.

Konsistensi satgas citarum harum sektor 22 pada pembersihan sungai berawal pada viralnya sungai yang dipenuhi oleh limbah kimia, limbah domestik yang menggunung dibiarkan oleh pemerintah setempat.

Dengan kenyataannya pasca turun pasukan TNI yang terlibat jadi satgas kini bisa menggiring pemerintah pada tata kelola sungai walau masih secara perlahan masuk dan bergerak.

"Kami tidak menghiraukan ego yang kami miliki, yang penting tegak lurus ke atas sesuai perintah atasan bahwa sungai di wilayah kami harus bersih dan sehat," tegas Dwi.

Disiplinisasi TNI terurai dilapangan meraih kewilayahan dengan pasukan Gorong gorong Bersih (gober) dalam bertindak membersihkan sungai.

Hal ini terus dikembangkan sebagai edukasi penerapan karakter peduli terhadap kebersihan sungai dan linhkungan sebagai modal yang harus tersimpan di kewilayahan hingga selamanya.

"Untuk edukasi ini selain kepada partner kerja juga kepada warga yang setiap hari kami lakukan door to door dengan mensosialisasikan larangan membuang sampah ke sungai," ujar Dwi

Harapan besar bagi anggota TNI yang terlibat menjadi satgas Citarum Harum, agar semua lapisan masyarakat terutama warga bisa memiliki jiwa peduli kebersihan lingkungan.

Semua ini perlu motivasi dan bimbingan pemerintah sebagai kendali emosional masyarakatnya, agar bisa meraih tujuan Sungai Yang Bersih dan Sehat terus berkelanjutan.
**M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes