Tingkatkan Kompetensi dan Integritas APIP, Itjen Luncurkan Pancaprogram Unggulan ~ KIM Cipedes

Tingkatkan Kompetensi dan Integritas APIP, Itjen Luncurkan Pancaprogram Unggulan


KIMCIPEDES.COM, JAKARTA. | Untuk meningkatkan kompetensi dan integritas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melaksanakan kegiatan peluncuran pancaprogram unggulan. Kegiatan itu terdiri dari Safari PMKS, Gemar Belajar, Sertifikasi Ahli Pembangun Integritas dan Penyuluh Anti Korupsi, Teetor Virtual dan E-Mawas Kumham.

Inspektur Jenderal, Razilu dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Hukum dan HAM untuk dapat meningkatkan kompetensi dan integritas APIP, khususnya auditor agar dapat mewujudkan peran sebagai consulting partner dan quality assurance.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan beberapa output, diantaranya dapat meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Itjen Kemenkumham, meningkatkan integritas pegawai dan auditor sehingga mampu berperan sebagai role model,” kata Razilu.

“Adapula ouput lainnya seperti mewujudkan penguatan pelaksanaan tugas dan fungsi mitra strategis Itjen, mewujudkan komunikasi dua arah antara auditor dan auditee, Terakhir, mewujudkan manajemen pengawasan berbasis digital,” tambah Razilu.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan RI (BPKP RI), Faisal selaku Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP RI, Sekretaris Jenderal Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, Kepala BPSDM Asep Kurnia, pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat fungsional madya di lingkungan Kemenkumham.

Faisal dalam sambutanya menyatakan bahwa BPKP mengapresiasi langkah Itjen Kemenkumham yang ingin meningkatkan kompetensi dan integritas APIP melalui pancaprogram unggulan.

Faisal juga mengapresiasi pencapaian Kemenkumham dalam Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan kapabilitas APIP.

“Berdasarkan data kami, SPIP dan kapabilitas APIP di Kemenkumham sudah mencapai level 3. Ini sudah cukup baik karena berarti Kemenkumham sudah memenuhi unsur-unsur penilaian yang telah ditetapkan. Tapi kami berharap Kemenkumham dapat menaikan levelnya menjadi lebih tinggi lagi,” tutur Faisal di Ruang Auditorium Itjen, Rabu (05/04/2021).

Dalam sambutannya, Faisal juga meminta agar auditor-auditor di Kemenkumham dapat lebih berperan aktif dalam berbagai aspek kegiatan Kemenkumham sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam organisasi.

Implementasi pancaprogram unggulan ini dimulai dengan pembukaan Gemar Belajar (Gerakan Lima Hari Belajar) yang dimulai hari ini, Rabu (5/4/2021). Program Gemar Belajar merupakan implementasi dari bentuk Corporate University yang ada di Kemenkumham dan dibuka oleh Wamenkumham, Eddy O.S Hiariej di ruang Auditorium itjen.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAPOLRI

iklan banner

KAPOLRES SUMBAWA BARAT

iklan banner

IPTU RITA YULIANA,S.I.K.,M.M

Trending Minggu Ini

BERITA HARI INI

Arsip Blog