Tidak Peduli Hujan Lebat, Jajaran Polsek Senggigi Lakukan Evakuasi Pohon Tumbang Pada Dua Titik di Batulayar

polres lobar

KIMCIPEDES.COM, LOBAR | Dampak cuaca buruk hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Wilayah Kecamatan Balulayar, mengakibatkan pohon tumbang di dua titik Lokasi, Jumat, 29/01/2021

Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko SE.SIK saat memimpin evakuasi mengatakan berawal dari Informasi adanya pohon tumbang pada dua titik lokasi yang berbeda yang ada di Kecamatan Batulayar.

“Memang sejak siang hari hingga malam hari hujan lebat yang disertai Angin kencang yang terjadi secara terus menerus di Batulayar,” ungkapnya.

Kemudian informasi dari Masyarakat telah terjadi pohin tumbang di Dua Titik Lokasi yang berbeda, diantaranya di Desa Senteluk dan Desa Meninting Batulayar.

“Dengan kondisi ini memang sudah diperkirakan sebelumnya, berdasarkan penekanan dari Kapolres bahwa peringatan BMKG saat ini hingga beberapa hari kedepan cuaca kurang bersahabat,” jelasnya.

Sehingga jajaran Polsek Senggigi yang telah bersiaga sebelumnya, langsung mengecek lokasi kedua lokasi tersebut, degan membawa peralatan yang telah disiapkan sebelumnya.

“Dalam evakuasi kondisi masih hujan, namun mengingat menrupakan salah satu jalur utama sehingga sesegara mungkin harus dilakukan evakuasi,” katanya.

Dilokasi pertama Pohon tumbang ukuran sedang Jenis pohon Banten terjadi di samping cafe Star desa senteluk, kec.Batulayar, Kab.Lobar.

“di Lokasi ini menutupi setengah Badan Jalan raya Utama Senggigi, kemudian jajaran Polsek Senggigi memotong batang pohon tersebut, kemudian mengiring sisa-sisa pohon ke pinggir jalan agar tidak menghalangi bahu jalan,” ucapnya.

Sedangkan anggota lainnya melakukan evakusi pohon tumbang ukuran sedang Jenis nyur Tembesi, di depan Kantor KUA Batulayar Dsn.Plempat Ds.Meninting , Kec.Batulayar kab.Lobar .

“Pohon tumbang tersebut berhasil di potong dan di bawa ke pinggir jalan oleh Masyarakat, dimana dari pihak Kecamatan juga turun bersama dengan anggota Polsek Senggigi,” terangnya.

Dalam penanganan pohon tumbang tersebut bukannya tanpa kendala, dimana kabel listrik PLN melilit pohon tumbang di Lokasi ini.

“Berkoordinasi dengan Kantor PLN pembantu Senggigi, untuk penanganan kabel Listrik yang melilit tersebut untuk keselamatan Petugas dan masyarakat yang melakukan evakuasi, maupun pengguna jalan,” tandasnya.

Penangan pohon tumabng ini akhirnya berhasil dilakukan hingga pukul 22.50 wita dan arus lalulintas di Wilayah kecamatan Batulayar kembali normal.
**M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes