Satgas Pemulihan Ekonomi Berharap Program Bisa Menyentuh Masyarakat


KIMCIPEDES.COM, BANDUNG. | Rapat Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, Kamis (28 Januari 2021), dipimpin Asisten Perekonomian Kota Bandung, Eric Mohamad Atthauriq didampingi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung, Iwa Gartiwa.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya untuk melakukan pemulihan ekonomi Kota Bandung di tengah penanganan Covid 19 dengan membentuk Satgas Pemulihan EKonomi Kota Bandung. Satgas yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian ini bertanggungjawab untuk melakukan pemulihan ekonomi Kota Bandung.

Satgas melibatkan Kadin Kota Bandung dan Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa bertanggung jawab sebagai Wakil Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung.

“Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai oleh Satgas dan diantaranya adalah ekonomi Kota Bandung pulih dengan fokus pada beberapa sektor yang memiliki daya saing dengan kolaborasi seluruh stakeholders” kata Eric pada sambutannya saat membuka rapat perumusan program kerja yang disampaikan oleh pokja-pokja yang ada di satgas.

Pokja yang ada dalam satgas ini adalah, Pokja Investasi; Pokja Pariwisata, Budaya dan Ekraf; Pokja Ketahanan Pangan dan Pertanian; Pokja Industri dan Perdagangan; Pokja UMKM; Pokja Pemberdayaan Masyarakat; Pokja Ketenagakerjaan; Pokja Kerja Sama Antardaerah; Pokja Pengawasan dan Pengendalian Izin Usaha; Pokja Informasi dan Humas; serta Pokja Fasilitasi Pembiayaan Keuangan dan Relaksasi Ekonomi.

“Dikarenakan kita harus mengikuti Protokol Covid 19, maka pelaksanaan rapat dibagi per pokja dan hari ini, Kamis, 28 Januari baru mengundang enam Pokja di Ruang Rapat Asisten Perekonomian” tambah Erick.

Iwa Gartiwa yang mendampingi Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, menyampaikan bahwa rapat diikuti enam Pokja, yaitu Pokja Industri dan Perdagangan; Pokja Ketahanan Pangan dan Pertanian; Pokja Fasilitasi Pembiayaan Keuangan dan Relaksasi Ekonomi; Pokja Investasi; Pokja UMKM; serta Pokja Pariwisata, Budaya dan Ekraf. Empat Pokja lainnya akan mengikuti rapat pada hari Rabu (3 Februari 2021).

Kepada penanggung jawab Pokja yag hadir, Iwa berharap program-program yang dibuat bisa menyentuh masyarakat khususnya UMKM yang sebagian besar adalah bagian dari masyarakat Kota Bandung. “Program seluruh pokja diharapkan dapat bersinergi untuk membantu pemulihan ekonomi Kota Bandung dan fokus pada masalah stratejik yang dihadapi oleh pelaku usaha,” katanya.

Masing-masing Pokja mendapatkan perhatian dari Iwa karena relevan dengan pelaku usaha dan UMKM yang memang menjadi bagian utama dari Kadin Kota Bandung. “Diperlukan program aksi yang nyata dan menyentuh akar masalah agar dapat dirasakan oleh masyarakat sekarang langsung,” ujarnya.

Iwa menegaskan, Kadin Kota Bandung siap mendukung program pemerintah Kota Bandung. "Hari ini kami didampingi oleh pengurus Kadin Kota Bandung, yaitu Bambang Tris Bintoro (Wakil Ketua Umum Bidang Koperasi UMKM dan Kemitraan), Elvin B. Sinaga (Ketua Komite Korea), Ega Megantari (Komite Tetap Bidang Pemgembangan SDM), Meriza Hendri (Komite Tetap Kewirausahaan, Ketua ABCGM Jabar, Dosen dan Kepala Entrepreneurship Center Universitas Widyatama)," tambahnya sambil memperkenalkan pengurusnya.

Sementara itu Sekretaris Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, R. Budhi Rukmana menyatakan bahwa Kadin Kota Bandung memberikan masukan untuk penyempurnaan program kerja yang akan dirumuskan oleh sekretariat Satgas yang akan dibawa dalam rapat pleno di Februari 2021.

“Enam Pokja sudah menyampaikan usulan program untuk pemulihan ekonomi dan kalau sudah selesai dengan seluruh Pokja, Sekretariat Satgas akan merumuskan dan akan dipersiapkan untuk dibahas di rapat pleno” kata Budi yang juga menjabat sebagai Kabag Ekonomi Kota Bandung.

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes