Rakor Forum RW, Lurah Cipedes Himbau Warga Membuat Loseda Alat Pengurai Sampah Organik

Rakor Forum RW, Lurah Cipedes Himbau Warga Membuat Loseda Dalam Mengatasi Sampah Organik

KIMCIPEDES.COM, SUKAJADI | Pemerintah Kota Bandung masif dalam penanganan masalah sampah, melalui program unggulan Wali Kota Bandung yaitu Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan). Tidak hanya itu, untuk mendukung program Kang Pisman juga dibentuk Bank-Bank ditiap RW. Bank sampah hanya menerima sampak non organik, seperti kertas, plastik, dan kaleng bekas yang ada nilai ekonomisnya. Bagaiman dengan sampah organik yang dapat membusuk seperti sayur-sayuran, daun kering atau makanan.

Solusi untuk penanganan sampah organik dapat diatas melalui LOSEDA (Lodong Sesa Dapur), sebuah alat yang terbuat dari paralon, dengan tinggi kurang lebih 120 cm, kemudian dimasukan ke dalam lubang sekitar 40 cm. Bagian bawahnya d lubangi supaya untuk jalannya resapan air lindi dari sampah sampah yang busuk ini. Dengan cara di siram oleh air kelapa di tambah gula merah sebagai sumber makanan dari bio bakterinya.

Lurah Cipedes, H. Dedi Rustandi,S.H menyampaikan hal tersebut pada Rapat Koordinasi Forum RW Kelurahan Cipedes, bertempat di Aula Kelurahan Cipedes, Jalan Sukagalih No. 24 Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jumat, 28/2/2020.

Rakor Forum RW, Lurah Cipedes Himbau Warga Membuat Loseda Dalam Mengatasi Sampah Organik

Turut hadir pada Rapat Koordinasi Forum RW Kelurahan Cipedes, Sekretaris Kelurahan Cipedes Sudirman, S.Sos.,M.Ap, Kasi Pemerintahan Kelurahan Cipedes, Samsudin, S.Soso, Kasi Ekbang Kelurahan Cipedes, Meiti Irianti, S.Pd, Ketua Forum RW Kelurahan Cipedes, Suherman bersama para Ketua RW Se-Kelurahan Cipedes .

Lebih lanjut dikatakan Lurah Cipedes, rakor ini untuk mengkaji, mengevaluasi, permasalahan - permasalahan yang ada di rw. Terutama dalam penanganan masalah sampah, dan septick Tank dalam mewujudkan ODF (Open Defecation Free) 100%. 

Rakor Forum RW, Lurah Cipedes Himbau Warga Membuat Loseda Dalam Mengatasi Sampah Organik

Lurah Cipedes menjelaskan untuk pengolahan sampah organik, ini sesuai dengan program Wali Kota Bandung menggunakan Loseda.

Lurah Cipedes menghimbau kepada Ketua RW, RT dan LKK untuk membuat Losedasebuah alat yang mampu mengatasi dalam penanganan sampah organik, " ungkap Lurah Cipedes.

Indikator RW itu menjadi RW Yang Unggul berbasis kawasan yang bebas sampah, bersih, nyaman dan indah. Maka kami akan menyelenggarakan gebrakan bebersih teras ataupun buruan istilah sundanya . Mari kita sama-sama nyapu. Nanti akan ada gebyar agar seluruh warga harus keluar membawa sapu untuk bebersih. Motivasi tersebut akan dituangkan dalam deklarasi bahwa warga sudah biasa bebersih setiap hari di buruannya atau halamannya sampai ke jalan, dan itu yang akan kami lakukan dalam waktu dekat ini.

Dan sebetulnya potenti-potensi di masing-masing RW, sangat luar biasa seperti pemberdayaannya , aktivitas kegiatan, diantaranya rutinitas Magrib Mengaji, pengajian sore hari, Subuh Berjamaah, dan tabliq akbar. Artinya, dari sisi nilai agamis, membangun kebersamaan dalam kegiatan-kegiatan yang dimilikinya," pungkas Lurah Cipedes.

Sementara itu, Ketua Forum RW Kelurahan Cipedes, Suherman menyatakan siap untuk mendukung dan mensukseskan Program Pemerintah Kota Bandung, terutama dalam penanganan masalah sampah diwilayah. Untuk itu, saya mengajak kepada para Ketua RW untuk dapat memproduksi alat pengurai sampah organik yaitu Loseda.

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes