8.500 Pohon Hijaukan KBU, Kolaborasi Dishut Jabar Bersama Pemkab Bandung, Pengusaha dan Satgas Citarum Sektor 22


KIMCIPEDES.COM, KAB. BANDUNG - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat bersama Bupati Bandung, Dadang M. Naser dan Satgas Sektor 22 Citarum Harum masifkan kolaborasi terbaik dengan Sistem Pentahelix dalam program konservasi hutan di lahan kritis Kawasan Bandung Utara (KBU) di Desa Giri Mekar Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Senin, 27 Januari 2020.

Pembangunan pemajuan program tidak bisa dilakuan oleh salah satu golongan, maka konsep pembangunan 'pentahelix' dimana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Epi Kustiawan menanam pohon di KBU Desa Giri Mekar Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Senin, 27/1/2020
 Ini diterapkan pula pada penghijauan lahan kritis KBU yang sejalan dengan Program Citarum Harum dalam upaya membangun KBU dengan kawasan hijau berbasis Sentra Wisata Tematik Buah Unggulan.

"Kami menghadirkan Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M Naser, Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik Pengusaha, Komunitas Peduli Lingkungan, LSM, masyarakat dan awak media untuk menanam 8.500 pohon buah dan tanaman keras," kata Kepala Dinas Kehutana Provinsi Jawa Barat, Epi Kustiawan.

Inovasi kolaborasi terbaik ini, menurut Kadis Kehutanan Jabar, melakukan konservasi hutan di KBU dengan pola tanam Agro Porestry (Tumpang Sari) untuk menciptakan lahan kritis KBU menjadi lahan wisata buah-buahan unggulan sebagai pelengkap dari hasil hutan di KBU Cilengkrang yaitu penghasil Kopi Palasari, sehingga terwujudnya Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera.

Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik menyiram pohon yang ditanam di KBU Desa Giri Mekar Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Senin, 27/1/2020
 "Sesuai dengan harapan masyarakat di sini, maka kami lengkapi dengan tanaman buah Jeruk Lemon California dan penghasil Lebah Madu, supaya satu persatu masyarakat daerah KBU bisa sejahera perekonomiannya," jelas Epi.

Pada kesempatan tersebut, Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik mengungkapkan bahwa Dishut Jabar selalu mengajak Sektor 22 dalam berkolaborasi menanam pohon di KBU dengan tujuan menata Destinasi Wisata KBU tematik Buah Unggulan.

"Kami sangat apresiasi sekali yang dilakukan oleh Dishut Jabar dalam reboisasi KBU jadi Sarana Wisata Buah Unggulan, walaupun diiringi hujan kami senang datang dengan menyumbangkan pohon keras sebagai pelindung Jeruk Lemon Califonia, yaitu pohon suren 200 batang dan Ecaliptus 150 batang," ucap Dansektor 22.


Kolonel Asep berharap dengan masifnya kolaborasi ini bisa cepat mencapai tujuan Citarum Segera Harum, dengan pendukungan para pihak yang terprogram dengan Pentahelix bahkan Multihelix, apalagi menanam pohon yang diinginkan oleh warga masyarakat sebagai penikmat hasilnya sehingga merekapun sanggup merawatnya karena dia sebagai pewaris tanaman tersebut.

Seusai penanaman pohon, Bupati Bandung, Dadang M. Naser mengatakan, "Saya sangat berterimakasih kepada Kadis Kehutanan, Dansektor 22 Citarum Harum, Donatur tanaman jeruk lemon california, H. Ateng Bogor dengan berkolaborasi terus masif menghijaukan KBU, semoga dengan pola tanam yang baik oleh para petani dengan memadukan tanam Kopi dan Kaliandra sebagai sabuk gunung sehingga bisa menghasikan madu dan makanan ternak, sangat bermanfaat dan meningkatkan perekonomiannya" katanya.

Haji Ateng seorang pengusaha dari Bogor yang terhimpun di Perusahaan Sarbi Grup, sebagai penyumbang tanaman jeruk lemon california, mengatakan, "kami mengajak kepada para pengusaha lainnya, apabila mau menyumbang maka inilah saatnya, jangan sampai menunggu bencana datang, dan kami pun masih sanggup untuk menyumbangkan tanaman bila masih ada lahan kritis dan masyarakat mau menerimanya, silahkan rawat dan hasilnya buat masyarakat itu sendiri," pungkasnya H. Ateng.

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes