Diklatsarmil Menwa Mahawarman Jabar Tahun 2019/2020, Pangdam III/Siliwangi : Dua Peran Penting Yang di Emban Mahasiswa Melalui Keanggotaan di Menwa

KIMCIPEDES.COM, BANDUNG - Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P , M.M,Q.I.A. membuka Pendidikan Dan Latihan Dasar Kemiliteran (Diklatsarmil) Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat Gelombang I.TA.2019/2020. bertempat di Rindam III/Siliwangi, Jalan Menado Kota.Bandung, Jumat, 17/12/2019.

Pangdam III/Siliwangi menyampaikan bahwa peserta DIKLATSARMIL Resimen Mahawarman Jawa Barat yang terpilih untuk mengikuti pendidikan, semoga semua dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian DIKLATSARMIL ini dengan tertib, aman dan lancar ,”harap Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P,. M.M,. Q.I.A, pada sambutannya yang dibacakan Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf. DR. Indarto Kusnohadi, S.I.P, S.H, M.H,pada pembukaaan DIKLATSARMIL MENWA MAHAWARMAN JAWA BARAT Gelombang I TA.2019/2020.

Pangdam III SILIWANGI menjelaskan,” sebagaimana yang sudah kita pahami bersama bahwa pendidikan dan Latihan Kemiliteran Menwa merupakan salah satu jenjang pendidikan yang harus di tempuh oleh calon anggota Resimen Mahasiswa sebelum resmi jadi anggota Resimen Mahasiswa, dengan tujuan untuk membentuk pribadi yang memiliki sikap, disiplin, mental, kemampuan fisik, pengetahuan an keterampilan dasar sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsi menwa sesuai denganb” Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa”, harap Panglima Kodam III/SILIWANGI.

Menurut Panglima Kodam III SILIWANGI,” Keberadaan MENWA dampak struktur sosial kemasyarakatan termasuk dalam kategori generasi muda yang terdidik dan terlatih. Setidaknya, ada 2 (Dua) peran penting yang di emban oleh segenap Mahasiswa melalui keanggotaannya di Menwa, yaitu: 
  1. Pertama, sebagai masyarakat ilmiah yang terlatih, Memwa diharapakan dapat membantu terwukudnya kehidupak kampus yang benar-benar menjunjung tinggi nilai – nilai kejujuran dan kebenaran ilmiah yang objektif, serta menjadi elemen yang aktif dalam membantu kelancaran pelaksanaan berbagai program perguruan tinggi dan program kemahasiswaan lainnya dalam mewujudkan tatanan másyarakat yang cerdas”.
  2. Kedua, sebagai warga masyarakat, Menwa diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan , sikap bela Negara serta memotivasi masyarakat untuk senantiasa berperan serta dalam proses pembangunan nasional, dengan senantiasa menjunjung semangat cinta tanah air.

Pangdam III/SILIWANGI menambahkan , ” melalui Pendidikan Dan Latihan Dasar Kemiliteran yang akan di laksanakan sampai dengan tanggal 12 Januari 2020 ini, dua hal yang saya sebutkan tadi, bukan sesuatu yang mustahil untuk bisa di lakukan , mengingat selama ini keberadaan Menwa sudah memberikan kontribusi yang positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mayjen TNI NUGROHO BUDI WIRYANTO S.I.P , menambahkan ,” agar peserta yang mengikuti Latihan ini dengan penuh semangat, ikhlas, bersungguh- sungguh, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab. Tumbuhkan pula kerjasama dan kebersamaan diantara peserta, serta selalu menjaga nama baik almamater masing- masing selama kalian mengikuti pendidikan ini.

Panglima Kodam III/Siliwngi, menyampaikan, ” Kepada Danrimdam III/SILIWANGI, para pembina dan pelatih serta pendukung latihan, saya serahkan para peserta Pendidikan Dan Latihan Dasar Kemiliteran ini untuk diberikan materi latihan sesuai dengan yang sudah direncanakan, serta upayakan agar tidak terjadi kerugian baik materiil maupun personel selama Diklat berlansung”.

Hal senada di sampaikan Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Kolonel Inf. DR. Indarto Kusnohadi, S.I.P, S.H, M.H, seusai membuka Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa (Diklatsarmil Menwa) Mahawarman Jawa Barat Gelombang I tahun 2019/2020, di Lapangan Kujang Rindam III/Siliwangi Jalan Manado Kota Bandung.

Dalam arahannya Indarto mengatakan, kiprah Menwa sangat penting dalam menyikapi fenomena saat ini. Dia menilai, Menwa memiliki kapasitas yang dirasa sangat pas untuk mencegah perpecahan di lingkungan akademis.

“Menwa harus mampu menangkal dan menyaring radikalisme yang masuk dilingkungan Kampus dengan cara menyebarkan virus-virus Bela Negara, kebanggaan dan kecintaan terhadap tanah air,” ujar Indarto

Lebih lanjut dia menuturkan, generasi muda seperti Menwa merupakan aset yang sangat penting bagi suatu Bangsa. Sebab generasi muda yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan suatu Bangsa.

Melalui Diklatsarmil Menwa Mahawarman berharap, para siswa semakin meningkatkan kualitas insani dalam konteks Bela Negara. Dengan momentum Diklatsarmil ini akan membentuk para siswa untuk menjadi elemen masyarakat terlatih.

“Keberadaan Menwa dalam struktur sosial kemasyarakatan masuk dalam katagori generasi muda yang terdidik dan terlatih, bahkan kalian merupakan perwira masa depan Bangsa Indonesia yang akan mampu merubah Bangsa dan Negara kearah yang lebih baik,” ungkapnya.

Sedangkan Komandan Menwa Mahawarman Jawa Barat, DR. (Can) Wawan Setiawan, SH, MH, menyampaikan, ” Sebelum mengikuti pendidikan para peserta terlebih dahulu mengikuti seleksi, peserta dapat mengikuti Pendidikan dan Latihan setelah dinyatakan lulus oleh Tim Penguji. Tahapan-tahapan seleksi yang harus ditempuh di antaranya seleksi administrasi, kesehatan, jasmani, akademik dan wawancara. Dan Menwa Mahawarman Jawa Barat , selalu menyiapkan kader-kader Bela Negara di setiap kampus-kampus di Jawa Barat, saat ini Menwa Mahawarman Jawa Barat, juga sangat mendukung program Citarum Harum, yang sedang dilaksanakan oleh satgas Citarum harum Kodam III/Siliwangi, dan untuk menanamkan rasa cinta tanah dan cinta kepada NKRI”.

Hadir pada acara tersebut, DR.Ir/ H. Nasep Rachmad Universitas Bale Bandung , Setiadin, S.Pd, S.Sos, M.AP Sekretaris Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung , Sterdam Kasdam III/Siliwangi, Staf Korps Menwa Indonesia, Dan Korps Menwa Mahawarman ).
*M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes