Camat Sukajadi Membuka Festival Kaulinan Urang Lembur

Festival Kaulinan Urang Lembur
Camat Aklamasi, Drs. Yudi Hermawan memukul gong tanda dimulainya Festival Kaulinan Urang Lembur Barudak Sukajadi, bertempat di Lapang Futsal Mini RW 09, Rabu, 20/11/2019. 

KIMCIPEDES.COM, SUKAJADI - Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia, Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) menggelar Festival Kaulinan Urang Lembur Barudak Sukajadi, bertempat di lapang Futsal Mini RW 09 Aspol Sukajadi Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Rabu, 20/11/2019.

Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan didamping Lurah Cipedes, H. Dedi Rustandi,SH, Babinsa Kelurahan Cipedes, Adrianus Hulu, Ketua Forum RW Kelurahan Cipedes, Suherman, Ketua Kompepar Kecamatan Sukajadi, Yatno Trihardani memukul gong tanda dibukanya Festival Kaulinan Urang Lembur Sukajadi.

Festival Kaulinan Urang Lembur

Nampak hadir pada kegiatan tersebut, Kasi Pemerintahan Kelurahan Cipedes, Samsudin, S.Sos, Ketua LPM Kelurahan Cipedes, Raka Mandala Putra, TP PKK Kelurahan Cipedes, Ketua Karang Taruna Rajawali Kelurahan Cipedes, Dedi Djunaedi, Ketua Kelompok Informasi Masyakarat (KIM) Kelurahan Cipedes, Asep Wahyu Hermawan, Ketua PKK Unit RW 09, Ely Suherman, Ketua RT di Lingkungan RW 09 serta tamu undangan lainnya.

Festival Kaulinan Urang Lembur

Ketua Kompepar Kecamatan Sukajadi, Yatno Trihardani menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kreativitas para pelajar pada khususnya dan anak - anak pada umumnya, dimana budaya merupakan indikator sebagai ketahanan adanya suatu bangsa.Festival ini menampilkan permainan anak-anak zaman baheula, seperti oray-orayan,

Festival Kaulinan Urang Lembur

Camat Sukajadi, Drs. Yudi Hermawan dalam sambutannya mengatakan Festival Kaulinan Urang Lembur, suatu kegiatan yang mengingatkan kita kepada sejarah. Tentunya kami mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan kompepar yang dapat membangun karakter anak-anak yang dihabiskan waktunya dengan gadget, bermain game, melihat gambar-gambar dan lain sebagainya. Sementara kita tahu di dalam gadget itu, ada informasi - informasi atau gambar-gambar yang belum boleh mereka akses. Untuk itu, kami sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, karena gadget itu adalah salah satu kegiatan yang mengurangi sosialisasi yang interaktif dengan teman sebayanya

Festival Kaulinan Urang Lembur

Kegiatan kaulinan barudak ini banyak filosofinya, diantaranya bersosialisasi dengan teman-teman, mengasah kecerdikan, keterampilan, membutuhkan kesabaran dan kepemimpinan. “Jadi tidak setiap orang bisa jago main kaleci, sumpit, gasing dan sebagainya.

Sementara Ketua RW 09 Kelurahan Cipedes, Suherman sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan Festival Kaulinan Urang lembur yang diselenggarakan yang oleh Kompepar Kecamatan Sukajadi, dimana dalam Festival Kaulinan Urang Lembur mengingatkan saya waktu kecil dengan permainan – permainan, sampai hari ini tidak ada dan mungkin anak-anak kecil sekarang tidak tahu apa yang namanya permainan sorodot, gaplok, perang-perangan pakai palapah pisang, kaleci itu semuanya saya pernah mengalami. sekarang ini memang tidak ada tapi memang permainan anak-anak orang lembur ini, harus kita jaga, kita lestarikan supaya kita mengingat bahwa permainan tersebut dulunya itu ada,” ungkap Suherman yang juga Ketua Forum RW Kelurahan Cipedes.
* M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes