Sukseskan 100% ODF Tahun 2021, Camat Bacip Perbanyak Pembangunan Septick Tank di Tahun 2020

Drs. H. Momon Ahmad Imron
Drs. H. Momon Ahmad Imron | Camat Babakan Ciparay
 
KIM CIPEDES, Bandung – Program Pemerintah Kota Bandung bertekad menurunkan tingkat pencapaian 100% ODF (Open Defecation Free) di tahun 2021, dengan menghimbau pada masyarakat agar setiap rumah membuat septictank, melalui aparat kewilayahan hal ini terus disosialisasikan.
 
Namun sangat ironis, Meidi M Sidik, Ketua RW 07 memergoki.saluran tinja milik Konveksi Darma di buang langsung ke selokon umum warga. Konveksi Darma yang berlokasi di Jalan Satria Raya 2 No 3 A2 Kelurahan Babakan Kecamatan Kota Bandung memiliki karyawan sekitar 200 orang. Prilaku pemilik konveksi yang seenaknya membuang tinja ke selokan sangat bertentangan dengan Program Pemerintah Kota Bandung 100% ODF.

Menurut Meidi, Camat Babakan Ciparay (Bacip), Drs. H. Momon Ahmad Imron terus gencar mensosialisasikan kepada masyarakat. Bahkan pada tanggal 15 September 2019 di RW 12 Dian Permai Kelurahan Babakan menggelar Apel Bebersih Bandung 2 dan mengkampanyekan Kecamatan Babakan Ciparay 100% ODF di tahun 2021. Tapi masih saja ada pengusaha garment yang seenaknya membuang tinja ke selokan," ungkap Meidi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Forum RW Kota Bandung.

Meidi menyatakan sangat mendukung program Pak Camat, bahwa di kecamatan Babakan Ciparay harus 100% ODF (Open Defecation Free) atau bebas 100% dari buang Kotoran (tinja) ditempat terbuka, kalau saya biarkan artinya saya tidak mendukung programnya Pemerintah Kota Bandung.

Drs. H. Momon Ahmad Imron
Camat Babakan Ciparay, Drs. H. Momon Ahmad Imron bersama Ketua RW 07 Kelurahan Babakan, Meidi M Sidik,

Lanjut Meidi daerah ini perlu di beri pembinaan dari aparat kewilayahan karena sangat kumuh dan kotor apa lagi kalau musim hujan suka banjir Cileuncang,” pungkasnya.

Hal ini tembus menjadi laporan ke Satgas Citarum Harum Sub Sektor 6 -22 , dengan cepat mengambil tindakan dan mendatangi pihak garment, namun lubang saluran tersebut ketika di cek sudah di tutup oleh pemiliknya karena banyak warga yang protes.

Nampaknya antara masyarakat dan aparat kewilayahan serta satgas Citarum Harum sudah bersinergis, masyarakat mulai pro aktif dalam kepedulian terhadap lingkungannya.

Hal ini tentunya sesuai apa yang diharapkan oleh Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel Inf. Asep Rahman Taufik dalam menanggapi laporan masyarakat sangat respon. Ketika di temui di SMKN 12 Bandung saat mensosialisasikan program citarum harum bersama siswa/siswi SMKN 12 Bandung, Selasa, 29/10/2019.

Dansektor 22 mengatakan,” laporkan langsung pada saya atau ke para subsektor apa bila masyarakat menemukan yang buang limbah atau sampah ke sungai saya akan tindak, namun sebelum di beri sangsi kami tentu memberikan peringatan dan solusi terlebih dahulu,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Babakan Ciparay, Drs. H. Momon Ahmad Imron Sutisna mengatakan saat ini kecamatan Babakan Ciparay baru 35,8 % ODF, artinya sebanyak 64,2% masyarakat Kecamatan Babakan Ciparay masih buang air besar sembarangan/tidak memenuhi syarat kesehatan," ungkap Camat Babakan Ciparay ketika dihubungi kimcipedes.com melalui telepon seluler, Selasa, 29/10/2019.

Tahun 2021, kata Momon, 64,2% masyarakat Kecamatan Bacip diharapkan sudah membuang tinjanya ke pembuangan yang memenuhi standar kesehatan, karena pola hidup buang air besar sembarangan sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus di lakukan upaya pencegahan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Momon menghimbau kepada warga masyarakat, perusahaan dan perkantoran yang masih membuang tinja sembarangan untuk mendukung Kecamatan Babakan Ciparay 100% ODF di tahun 2021, caranya dengan membuat septicktank masing-masing atau membuang tinja ke saluran air kotor PDAM (DUDP) atau ke septicktank komunal yang sudah disediakan.

Insyaalloh mulai tahun 2020 kecamatan akan memperbanyak pembangunan septicktank komunal baik dari sumberdana pemerintah maupun CSR.
* M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes