Buang Air Limbah ke Curug Orok, Sektor 9 Citarum Harum Cor Out Fall PT. Citra Warna Sampurna

Sektor 9 citarum harum

KIM CIPEDES, KAB. BANDUNG BARAT - Akibat dari pembuangan limbah perusahaan di Desa Laksana Mekar kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat yang mengalir ke Curug Orok sehingga berdampak terhadap kualitas sungai Citarum dan genangan di Saguling Kabupaten Bandung Barat.

Kualitas air di Saguling saat ini sangat mengkhawatirkan yaitu berwarna hitam dan beraroma bau yang menyengat ini akibat dari 95% pencemaran dari pelaku Industri dan sisanya dari Keramba jaring apung dan sampah domestik sehingga berakibat kepada rusaknya ekosistem di perairan Saguling.

Tercemarnya Curug Orok tersebut merupakan ulah Pabrik pabrik yang hanya memikirkan keuntungan semata tanpa peduli kepada pemeliharaan lingkungan termasuk sungai Citarum, pencemaran ini sudah terjadi puluhan tahun dan dibiarkan begitu lama.

Hasil pemeriksaan di TKP akhirnya ditemukan kembali perusahaan di wilayah Desa Laksana Mekar Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat telah membuang limbahnya ke Curug Orok.

Tindakan tegas diambil oleh Satgas Citarum Harum dengan cara menyetop Operasional Pabrik dengan cara menutup saluran pembuangan air limbah atau Out Fall perusahaan yang kedapatan membuang air limbahnya ke Curug Orok tanpa diolah terlebih dahulu.

"Satgas Citarum Harum Sektor 9 memberikan tindakan tegas terhadap PT Citra Warna Sampurna. Dansub 2 Padalarang dan Ngamprah, Satgas Citarum Harum Sektor 9, Pelda Aris melakukan pengecoran out fall, Rabu,23/10/2019. 

" Perusahaan PT. Citra Warna Sempurna hari ini telah kami lakukan penutupan Out Fallnya dengan cara dicor, karena terbukti membuang air limbah ke Curug Orok dengan tidak mengolahnya terlebih dahulu sehingga terjadi pencemaran," jelasnya.

Dansektor 9 Citarum harum Kol.Inf. Amir Mahmud menyampaikan penutupan tidak bersifat permanen, dengan kesepakatan perusahaan harus bisa membuktikan bahwa ada usaha perbaikan untuk memenuhi standar baku mutu.

"Pengecoran juga sebagai contoh bagi perusahaan - perusahaan lain yang masih melakukan pembuangan limbah ke sungai tanpa pengolahan IpaL yang baik, Satgas Citarum tidak main - main, perusahaan buang limbah ke sungai tanpa diolah dulu, maka siap - siap kami cor," Kami dibantu dan bekerjasama dengan masyarakat yang peduli dengan lingkungan sehingga jam berapa pun pabrik membuang limbah tidak semestinya maka masyarakat akan segera melapor kepada kami dan akan kami sidak, walaupun di waktu malam dan dini hari," ungkap Kol. Inf. Amir Mahmud.
*M. Edwandi/JPCH

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes