Dansub Sektor 05 - 22 Citarum Harum : Penataan Penghijauan Wetland Park Cisurupan Semakin Diminati Masyarakat

Sektor 22 citarum harum

KIM CIPEDES, BANDUNG | Penataan penghijauan Wetland Park Cisurupan semakin diminati oleh masyarakat, utamanya berbagai komunitas lingkungan yang diundang oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung dalam penanaman pohon di Cisurupan, Cibiru Kota Bandung, Selasa, 23/07/2019. 

Peltu Seno, Dansub 05-22 Citarum Harum, mewakili Komandan Sektor 22 Kol. A.Rahman Taufik saat ini dalam keadaan sakit, ketika ditanya oleh wartawan kelompok 8 sektor 22 mengatakan kini semakin terlihat jelas atensi dari Pemerintah Kota Bandung dalam upaya meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan, utamanya dalam penataan wilayah untuk menghindari bencana banjir yang disertai penanaman pohon merupakan tindakan yang positif," jelas Seno.

Menurut Dansub Sektor 05-22 Citarum Harum program penataan wilayah dalam membumingkan penghijauan dan pembuatan sumur resapan ini semoga dapat perhatian Pemerintah Pusat, sehingga program Citarum Harum bisa teselesaikan lebih cepat, karena program di Pemkot Bandung sangat bersinergi dengan program Citarum Harum," ungkap Dansub Sektor 05-22 Citarum Harum.

"Harapan kami pada pemerintahan lainnya bisa menyamakan satu persepsi untuk pendukungan terhadap Program Citarum Harum seperti yang sudah dilaksanakan di Pemkot Bandung," pungkas Seno.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Ir. Didi Ruswandi. M.T mengatakan bahwa pembangunan wetland park sudah selesai lebih dari 80%, kini tinggal finishing dengan sirkulasi air sesuai dengan yang direncanakan hanya tinggal perapihannya

"Hari ini kami mengadakan penanaman pohon berbasis komunitas hingga melibatkan beberapa pelajar dari tingkat SD dan SMA, dengan harapan, generasi muda serta masyarakat bisa meningkatkan kepeduliannya, sehingga bisa mengurangi beban pemerintah dalam pemeliharaan lingkungan," imbuh Kadis PU Kota Bandung.

"Karya ini kami tidak lepas dari pasukan satgas citarum harum sebagai edukator penataan lingkungan bahkan menyumbang 1.000 pohon, saat ini kuranglebih ada 600 orang yang terlibat dalam penanaman pohon, dari 11.800 pohon dari berbagai jenis, yaitu tanaman keras, tanaman produktif dan tanaman perdu dari berbagai sumber" imbuh Kadis PU.

"Pembuatan wetland park ini pungsi utamanya adalah tandon air atau bendungan yaitu penampung air dengan daya resap tinggi dan bisa dijadikan sarana kolam wisata, sehingga bisa menghindarai bencana banjir dan menghidupkan kembali seke air" ujar Didi.

Di hari kedua tempat ia bekerja yaitu Dinas Pengan dan Pertanian (Dispangtan) Ir. Gingin Ginanjar. M.Eng (Kadis Pangtan) Kota Bandung, peran serta dari dinasnya adalah mensuport 1.000 pohon produktif untuk penanaman pohon di wetland park, yang melibatkan tiga dinas, yaitu.DPU, DPKAP3 dan Dispangtan

Kadis Pangtam menyampaikan, "Hal ini akan menambah fungsi untuk pengembangan Ruang Tata Hijau, bahkan sangat perlu ditanami, baik tanaman perdu dan jenis lainnya, karena untuk mengimbangi lahan sebagai lahan labil," ucapnya.
* M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes