Meskipun Belum Tuntas, Taman Tegalega Kembali Dibuka Untuk Umum

Taman Tegalega

BANDUNG, KIM CIPEDES - Taman Tegallega dibuka kembali untuk umum setelah proses revitalisasi yang cukup panjang. Dengan penambahan beberapa fasilitas, kini masyarakat bisa menggunakan semua area di Taman Tegallega.

Di bagian dalam sebelah selatan monumen Bandung Lautan Api terdapat mini amphitheater yang terletak di samping kiri akses masuk Taman Lampion. Masjid Al Barokah di sebelah timur amphiteater juga melengkapi keindahan Taman Tegallega.

"Warga memang berharap cepat dibuka dan dimanfaatkan. Ini memang belum tuntas. Insya Allah akan kita lanjutkan lagi," kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Taman Tegallega, Jumat (24/5/2019).

Pada kesempatan yang sama, di Lapangan Tegallega tengah berlangsung acara Ngaguburide bersama Ustaz Hanan Ataki dan banyak komunitas kreatif se-Kota Bandung. Wali kota bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3), Dadang Darmawan ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

Bukan hanya menyaksikan atraksi sepeda BMX, skateboard dan parkour saja, namun Oded beserta jajaran ikut bermain. Wali kota ditantang menendang bola mengenai target para pengendara sepeda BMX yang sedang melakukan trik.

"Mudah-mudahan taman ini menjadi alternatif untuk tempat kita bersukaria, tempat berkreasi baik anak muda, tua, perempuan atau laki-laki. Silahkan manfaatkan tempat dengan baik," ujarnya.

Di hadapan ratusan anak muda, wali kota menyerukan untuk ikut berpartisipasi menjaga kawasan Taman Tegallega. Dia menegaskan, kenyamanan kawasan taman juga menjadi tanggungjawab para penggunanya agar masyarakat yang lain bisa menikmati semua fasilitas yang ada. "Pesan saya, jaga dan pelihara tempat ini, agar bisa bermanfaat untuk kita lebih lama," pintanya.

Wali kota menyatakan, Pemkot Bandung akan menyempurnakan penataan kawasan Taman Tegallega pada 2020 mendatang, sehingga semua fasilitas bisa dinikmati secara maksimal.

Sementara itu, Kepala DPKP3 Kota Bandung, Dadang Darmawan memaparkan, pengerjaan Taman Tegallega dilakukan secara bertahap sejak 2016. Secara keseluruhan, kini biaya revitalisasi sudah menghabiskan Rp. 31 miliar.

"Terakhir kemarin 2018 ini anggarannya Rp10 miliar. Di antaranya untuk membangun amphitheater, mini amphitheater dan Masjid Al Barokah. Luas masjid itu 300 meter persegi dan bisa menampung lebih dari 200 orang," ucap Dadang. 

Dadang melanjutkan, proses penuntasan revitalisasi akan diupayakan terlaksana pada 2020 mendatang. Sebab, masih ada sejumlah fasilitas utama yang harus diperbaiki seperti lapangan sepak bola, lapangan basket, dan kolam renang.

"Sisanya menyelesaikan amphiteater kalau konstruksinya itu sekitar Rp6 miliar. Lalu kolam renang, lapang sepak bola, lapang basket kalau dihitung Rp36 miliar sudah bisa beres. Tapi tanpa monumen yang di atas," ungkapnya.

Dadang menuturkan, untuk mengurus area kawasan Taman Tegallega seluas 17 hektar tersebut tak kurang dari 135 orang, yang terdiri dari pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), petugas kebersihan dan petugas keamanan.

"Keamanan 37 dan PHL petugas kebersihan 80 orang dan pegawai PNS 18 orang itu yang menjaga dan mengelola taman ini," jelasnya

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes