Sekdis Kominfo Jabar Harapkan Validasi Data KIM Dapat Dipertanggungjawabkan

Sekdis Kominfo Jabar

BANDUNG, KIM CIPEDES | Rapat Kordinasi Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Kabupaten/Kota Se - Jawa Barat dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Drs.H.Asep Sukmana, M.Si, bertempat di Aula Ir.H.Arifin Yoesoef, Jalan Taman Sari Bandung, Selasa, 27/3/2019. 

Rakor ini mengusung tema Strategi Pengembangan dan Penguatan Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, dengan menghadirkan pembicara Dosen Universitas Pajajaran.

Turut hadir Kepala Bidang IKP Diskominfo Jabar, H. Dedi Dermawan, SH., MM, Kasi Kasi Kemitraan Komunikasi Diskominfo Jabar, Drs. Kusnadi, MM, Dinas Kominfo dan KIM Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat. 

Rakor diselenggarakan oleh Diskominfo Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Provinsi Jawa Barat. 

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Drs.H.Asep Sukmana, M.Si mengatakan untuk segera memvalidasi data KIM yang ada di Jawa Barat. Karena gaungnya KIM di Jawa Barat itu sanga bagus. Dan beberapa kali pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) selalu menanyakan data KIM se-Jawa Barat.Karena belum memegang data yang bisa dipertanggungjawabkan, kami belum berani untuk memberikan datanya dengan alasaan masih dalam pendataan, " ungkap Sekdis. 

Untuk itu, saya berharap kepada Diskominfo Kabupaten dan Kota agar dapat memberikan data KIM yang dapat dipertanggungjawabkan dan ditandatangani oleh dinas terkait. 

Lebih lanjut dikatakan Sekdis, jika KIM ini sudah terbentuk Se-Jawa Barat, maka tidak perlu lagi kita menunggu hasil verifikasi berita hoax dari Tim Saber Hoax. Dengan keberadaan KIM dengan jaringannya mampu menembus pelosok desa, sudah bisa menangkal berita-berita hoax. 

Sementara itu, Ketua FK-KIM Jawa Barat Yus Hartiman mengungkapkan jika pihaknya bersama jajaran pengurus telah melakukan beberapa audensi diantarnya dengan Wakil Gubernutr Jawa Barat, Kementrian Polhukam RI, Sekjen Kementerian Kominfo RI, dan baru-baru ini dengan Kepala Diskominfo Jabar," ujarnya. 

Sekdis Kominfo Jabar

Menurut Yus Hartiman sangat penting dibentuk forum untuk menyamakan visi dan misi, menambah wawasan dan komunikasi semakin luas, selain itu anggota aktif bertambah, kecepatan akses informasi, monitoring perkembangan anggota, peningkatan potensi, ke depan akan dibuatkan sebuah web untuk menampung informasi dari KIM se-Jabar seperti informasi wisata dan lain-lain", ucapnya. 

Di forum juga bisa berbagi ilmu, lanjut Yus pembentukan forum idealnya duduk bersama eksekutif, KIM dan legislatif. Kemudian membuat forum diskusi KIM atau komunitas informasi dengan mengundang tokoh masyarakat, pimpinan daerah, tokoh pemuda, agama dan yang lainnya.

Pada Rakor ini dijelaskan cara penyususun administrasi organisasi, verifikasi kebutuhan organisasi, penguatan prinsip (Akses, Diskusi, Informasi, Networking, Diseminasi dan Advokasi (ADINDA). Disampaikan pula arti penting musyawarah untuk kemajuan bersama, "untuk para KIMMERS Kota/Kabupaten silahkan menggelar kegiatan, cari momen yang tepat untuk kolaborasi.

Dengan tetap mengedepankan satu visi, ikhlas karena kita relawan, namun ke depan KIM desa akan bisa mengakses dana desa dan Kim kelurahan aksesnya dana kelurahan, mari KIM Jabar jadikan model tingkat nasional", ajak Yus Hartiman. 
** M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes