Kapolda Jabar Tegaskan Setiap Tahapan Seleksi Penerimaan Anggota Polri Tidak Dipungut Biaya

Polda jabar

BANDUNG, KIM CIPEDES | Kepolisian Daerah Jawa Barat menggelar kegiatan Penandatangan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Penerimaaan Terpadu Anggota Polri Tahun 2019, bertempat di Mapolda Jawa Barat, Jl. Soekarno Hatta. Bandung, Minggu, 24/3/2019,

Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Penerimaan Terpadu Anggota Polri ini disaksikan oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, Wakapolda Jabar, Pejabat Utama Polda Jabar, Kapolrestabes Bandung Cimahi Bandung dan Kapolres Sumedang para pimpinan perguruan tinggi dan Kepala Sekolah SMA, SMK Kota Bandung, Panitia Seleksi Penerimaan dan Pengawasan Internal Eksternal Penerimaan Terpadu Anggota Polri para peserta Seleksi Penerimaan terpadu anggota Polri beserta para orang tua atau wali serta para undangan

Kapolda Jawa Barat mengatakan pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta integritas dalam rangka penerimaan anggota Polri terpadu Akpol Bintara Tamtama Tahun Anggaran 2019 Polda Jawa Barat dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda se-Indonesia termasuk Polda Jawa Barat. Hal ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Polri secara live streaming yang terkoneksi dengan Mabes Polri dan nanti kita akan mendengarkan langsung sambutan Asisten SDM Kapolri rekor Muri dengan kategori aksi pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta integritas terbanyak dengan secara live streaming pada 34 Polda se-Indonesia, " ungkap Kapolda Jabar.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda Jabar bahwa total keseluruhan peserta seleksi panitia daerah Polda Jawa Barat sebanyak 5428 yang terdiri dari 425 orang Bintara PTU, 4480 orang bakomsus, 376 orang lantama Brimob, 143 orang Tamtama dan 4 orang Polair. Selain itu juga Polri melibatkan tenaga ahli outsourcing dan profesional serta bentuk pengawas internal dan eksternal untuk mengawasi setiap tahapan seleksi secara independen, " imbuh Kapolda Jabar.

Menurut Kapolda Jabar, hal ini menunjukkan komitmen dalam memberikan service excellent dengan tidak melakukan praktek suap KKN, gratifikasi,. Sumpah dan penandatanganan Pakta integritas panitia Seleksi Penerimaan anggota Polri terpadu merupakan suatu kontrak moral atau janji integritas yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan bukan hanya seremonial semata karena pertanggungjawaban kepada Allah SWT dan konsumsi hukum yang akan diterima dalam berbagai aturan rekrutmen telah disusun oleh panitia pusat diantaranya bahwa setiap tahapan seleksi tidak dipungut biaya atau gratis. Namun demikian masih ada rumor dimasyarakat bahwa jika ingin menjadi anggota Polri maka harus menyediakan sejumlah uang yang terkadang jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah. Tentunya hal tersebut tidaklah benar karena dalam proses penerimaan anggota Polri menggunakan dana APBN dari pemerintah pusat serta apabila calon anggota Polri telah memenuhi standar kelulusan maka akan lulus menjadi anggota Polri tanpa harus membayar kepada oknum panitia atau perantara yang menawarkan jasa bisa membantu kelulusan, " tegas Kapolda Jabar.

Kapolda Jabar mengungkapkan tugas utama bagi para calon taruna-taruni Akpol Bintara dan Tamtama Polri adalah belajar dan berdoa jika ini terpenuhi maka Insyaallah para peserta seleksi akan lulus. Dalam proses seleksi ini berkaitan dengan hal tersebut maka Polda Jawa Barat menegaskan kembali bahwa komitmen dan berupaya seoptimal mungkin dalam setiap proses penerimaan anggota Polri dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku dan sebagai komitmennya pada hari ini dilaksanakan penandatanganan Pakta integritas sehingga diharapkan setiap tahapan Seleksi Penerimaan ini dapat dilaksanakan dengan prinsip transparan, akuntabel dan Humanis.

Oleh karena itu, selaku pimpinan Polda Jawa Barat, saya sampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani, kepada panitia seleksi baik internal maupun eksternal agar menyelenggarakan seleksi ini dengan sungguh-sungguh bertanggung jawab sehingga tidak ada penyalahgunaan wewenang.

Diakhir kegiatan, disuguhkan penampilan Aktraksi Polisi Cilik Binaan Polres Indramayu. 
*M. Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes