RSUD Kota Bandung Luncurkan Inovasi Beres


KIM Cipedes, Bandung - Pelayanan dasar seperti kesehatan menjadi prioritas bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Oleh karenanya Pemkot Bandung selalu mendorong terciptanya inovasi.

Kali ini, Pemkot Bandung meluncurkan Beres (Bandung Emergency Referral and STEMI). Wali Kota Bandung, Oded M Danial meluncurkan Beres di RSUD Kota Bandung, Jalan Rumah Sakit Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Sabtu (8/12/2018).


STEMI atau ST Elevasi Miokard Infark adalah jenis serangan jantung yang paling serius ditandai dengan ada gangguan pada suplai darah. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan total arteri koroner yang dapat menyebabkan meluasnya kerusakan pada area jantung.

Menurut Kepala RSUD Kota Bandung, dr. Exsenveny Lalopua, M.Kes., Beres merupakan jawaban atas tantangan meningkatnya angka kematian harian di RSUD Kota Bandung. Kematian di RS yang dipimpinnya mencapai 2-3 orang per hari. Salah satu penyebabnya akibat kesulitan mendapatkan rujukan dan atau pelayanan. Hal itu karena kurang informasi dan penanganan pasien saat terjadi gangguan kesehatan.

"Berdasarkan kondisi tersebut, kami membuat inovasi yang memudahkan proses rujukan dan pelayanan khusus untuk geriartri (lansia) serta penderita serangan jantung," papar wanita yang akrab disapa Veny ini.

Veny juga menambahkan, inovasi Beres akan digabungkan dengan pelayanan Home Care RSUD Kota Bandung. Sehingga akan lebih cepat karena menjangkau masyarakat langsung.

"Dalam lima tahun ini akan diutamakan pelayanan lansia agar bisa mencapai level paripurna. Ini juga akan ditingkatkan kualitas asuhan keperawatan yang komprehensif agar bisa maksimum dan optimal dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat," tuturnya.

Selain itu, tambah Veny, akan ada juga transfer pengetahuan dengan kewilyahan agar Puskesmas juga bisa memberikan penanganan sakit jantung dini dan geriartri ramah lansia.

"Saat ini sudah ada 11 Puskesmas di kewilayahan yang punya EKG (Electro Kardio Gram). Nantinya kita bimbing. Semoga bisa diperbanyak di Puskesmas lain yang belun punya," tambah Veny.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku sangat senang dan bangga serta mengapresiasi dengan hadirnya inovasi ini. Apalagi inovasi ini diciptakan oleh RSUD Kota Bandung.

"Alhamdulillah Bandung mendapatkan Inovatif Government Award. Kita juara 1 dari 554 kota kabupaten di Indonesia. Ini sesuai dengan tiga pilar pembangunan yaitu inovasi, kolaborasi dan desentralisasi," jelasnya.

Mang Oded, sapaan akrabnya berharap, Beres bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan. "Ini inovasi luar biasa. Banyak inovasi di kota Bandung yang baik. Semoga Beres bisa mengispirasi Inovasi lain yang membantu masyarakat,” tuturnya.

Usai meluncurkan Beres, Mang Oded melakukan tele conference dengan Puskesmas Kopo dan menyapa pasien di RSUD Kota Bandung. ***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes