Paskibraka Kota Bandung Siap Kibarkan Bendera Pusaka Merah Putih

BANDUNG, kimcipedes.com - Salah satu yang tak pernah terpisahkan dari peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu prosesi pengibaran bendera Merah Putih. Hampir di seluruh pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan terdapat pasukan pengibar bendera, tak terkecuali Kota Bandung. 

Menjelang 17 Agustus mendatang, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bandung sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan tugas penaikan dan penurunan bendera.

Seperti yang terlihat di Plaza Balai Kota Bandung, Rabu, (8/8/2018), anggota Paskibra Kota Bandung berlatih dengan penuh semangat. Panas terik matahari tak menyurutkan langkah tegap anggota Paskibraka Kota Bandung. 

Sebanyak 100 anggota Paskibraka Kota Bandung disiapkan untuk melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih pada 17 Agustus mendatang. 

Komandan Kompi Paskibraka Kota Bandung, Teuku Muhammad Risyadsyah mengungkapkan, sebanyak 100 anggota Paskibraka Kota Bandung yang berlatih telah melalui proses seleksi. Awalnya sebanyak 700 pelajar yang mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Paskibraka Kota Bandung. 

Tahapan seleksi telah dimulai sejak Maret lalu. Diawali dengan seleksi administrasi, kesehatan, Samapta, fisik dan baris-berbaris. Selanjutnya, calon anggota menjalani seleksi melalui wawancara, kemampuan kesenian, hingga penentuan tahap akhir (Pantukhir). 

"Dari sekitar 700 yang daftar, kita seleksi dengan tahapan tersebut maka Juni lalu, sebanyak 100 orang diterima masuk dalam Paskibraka Kota Bandung," ungkapnya. 

Risyad menambahkan, Paskibraka tidak hanya sekadar berlatih baris berbaris. Para anggota Paskibraka Kota Bandung juga memperoleh Latihan Kepemimpinan dan Kepemimpinan Pemuda (LKKP). 

"Selain latihan pokok baris berbaris dan materi lapangan lainnya, anggota juga belajar di dalam ruangan. Para anggota Paskibraka berdiskusi tentang kita juga dalam ruangan selalu sharing atau ngobrol tentang kepemimpinan dan pemuda," ujarnya. 

Menurutnya, selain sikap disiplin serta pengibaran dan baris-berbaris, banyak manfaat mengikuti Paskibraka. Salah satunya melatih mental lebih sigap dan baik dalam penampilan. "Paskibraka Kota Bandung mencetak generasi yang mampu memajukan Kota Bandung dan bangsa Indonesia," tegasnya. 

Sementara itu, Anggota Paskibraka Kota Bandung, Rani Rismaya Sari mengaku senang bisa menjadi anggota Paskibraka Kota Bandung. Selain latihan di lapangan untuk baris berbaris, ia meyakini Paskibraka mampu mengembangkan potensi dirinya. "Saya masuk Paskibraka ingin melatih mental serta menjadi ilmu dasar saya ingin menjadi Polwan," kata Rani. @***

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes