Dansektor 10 Kol. Inf. Sulistiono : Jalankan Tugas Suci Demi Citarum Harum

BANDUNG, kimcipedes.com - Sektor 10 Citarum Harum giat bersama KKN Mahasiswa Tematik UPI dalam rangka revitalisasi sungai citarum yang masih kotor dari pencemaran limbah, unsur terkait dalam program ini mencakup bantaran sungai dan lingkungan yang ada di kisaran sungai citarum.

Beberapa program yang dilakukan Pasukan Siliwangi dalam menerapkan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018  tentang pembersihan dari segala unsur pencemaran sungai yang harus beres dalam jangka 7 (tujuh) tahun. Sejak dicanangkan program revitalisasi Sungai Citarum oleh Presiden RI Joko Widodo tahun 2017 penerapannya berjalan lancar berkat keseriusan semua Pasukan Siliwangi yang terdiri dari 22 sektor bekerja dengan semangat, tegas dalam bertindak dan menerapkan sikap disiplin militer yang tinggi.

Sektor 10 Citarum Harum yang dipimpin oleh Kol. Inf. Sulistiono masih melaksanakan tugasnya demi kebersihan citarum dengan giat pembersihan bantaran sungai dan lingkungan.

Dansektor 10 Citarum Harum Kol. Inf. Sulistiono mengatakan kondisi kemarau menjadi salahsatu penyebab terhambatnya pengerjaan pembenahan bantaran sungai Citarum diwilayah Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon. Sehingga berakibat pada perawatan lubang tanaman plamboyan dan bambu hitam harus lebih ekstra perhatian, hal ini untuk mencegah kerusakan unsur hara di setiap lubang yang akan ditanam, tanah yang digali untuk penanaman pohon plamboyan dan bambu hitam rata-rata tanah berkapur dan terdapat batu-batu besar, adanya turnamen sepak bola Citarum Cup di Kp Cisameung DS Rajamandala Kulon Kec Cipatat dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 73, namun demikian kami tetap bersemangat menjalan tugas yang suci ini demi negara dan Citarum Harum,” ujarnya..

Subsektor 1  Peltu Hari S melakukan kegiatan penggalian lubang untuk tanaman flamboyan dan bambu hitam di sekitar lap bola Kp Cisameung dan bantaran sungai Citarum, di Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, pembersihan rumput, dan semak-semak disepanjang bantaran sungai Citarum di Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, penanaman pohon plamboyan bersama mahasiswa KKN UPI serta perawatan tanaman plamboyan dengan penyiraman dan pemberian tanah gembur yang telah dicampur pupuk. Kegiatan diawasi dan diarahkan langsung oleh Komandan Sektor 10 Rajamandala Kulon, Selasa, 7/8/2018.

Tim yang lainnya yang dipimpin oleh Sertu Ferry W melaksanakan kegiatan , pembersihan parit, rumput, serta alang-alang di sekitar anakan sungai citarum RT 01 RW 25 Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, pengukuran dan penggalian lubang untuk tanaman bambu hitam di bantaran S. Citarum Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, penanaman pohon plamboyan bersama mahasiswa KKN UPI serta perawatan tanaman plamboyan dengan penyiraman dan pemberian tanah gembur yang telah dicampur pupuk.

Subsektor 2 pasukan siliwangi juga dibantu oleh KKN Mahasiswa UPI yang dipimpin Koptu Sugeng H melaksanakan giat setelah apel pagi dilanjut dengan pembersihan sampah di sekitaran bantaran sungai citarum dan Kp Bantar Caringin, dilanjutkan Sosialisasi kepada warga Bantar Caringin Ds Cihea tentang pentingnya menjaga kebersihan dan membuang sampah ditempat yang telah ditentukan, penggalian kembali selokan yang telah tertutup tanah agar aliran air kembali lancar di Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon, penanaman tanaman plamboyan bersama Mahasiswa KKN UPI serta perawatan dengan cara penyiraman dan pemberian pupuk di Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon. @Edwandi

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

KIM Cipedes