M. Solihin : "Jangan Pernah Menghindari Risiko"

Pjs. Wali Kota Bandung, M. Solihin
BANDUNG, kimcipedes.com - Para pemuda, sebagai calon pemimpin, harus memiliki pemikiran dan keberanian dalam mengambil keputusan. Harus berani mengambil risiko. Karena risiko itu merupakan bagian dari upaya menciptakan perubahan.

"Jangan pernah menghindari risiko. Karena pilihan itu ada pada risiko yang kita ambil. Kita harus belajar meminimalisir dampak dari risiko tersebut," tegas Pjs. Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin di Bale Santika Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/5/2018).

Solihin berada di kampus Unpad menjadi pembicara pada Seminar Penutupan National Governance Day 2018 dengan tema ”Pemuda Mentransformasi Indonesia: Tantangan Integrasi Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia".

Solihin mengungkapkan, Kota Bandung memiliki jumlah penduduk 4 juta jiwa di siang hari dan 2,5 juta jiwa di malam hari. Selisih tersebut terjadi karena aktivitas komuter pekerja dan pelajar yang keluar-masuk Kota Bandung. Oleh karena itu peran pemuda tak bisa dilepaskan dari pembangunan ekonomi Kota Bandung.

"Sekitar 40 persen dari populasi Kota Bandung adalah golongan pemuda dari mahasiswa hingga pemuda yang memilih bekerja di daerah Kota Bandung," katanya.

Menurut Solihin, pembangunan ekonomi tersebut harus diimbangi dengan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam hal ini, Kota Bandung selalu mengagas konsep pembangunan yang peduli terhadap lingkungan. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya Pemkot Bandung melakukan perubahan.

"Pada pelaksanaannya di antaranya membangun gedung green building yang ramah lingkungan. Hal itu kami kontrol melalui Perwal," katanya.

Green Building ini juga Solihin terapkan pada gedung-gedung kantor Pemerintahan Kota Bandung. "Misalkan untuk menghemat energi untuk gedung pemerintahan dapat menekan penggunaan listrik dengan pemanfaatan alat elektronik hemat energi," tutur Solihin.

Selain itu masih banyak inovasi yang dilakukan Pemkot Bandung dalam kontribusinya terhadap lingkungan, seperti pembangunan Forest Walk, Operasi Tangkap Tangan Buang Sampah, Pembangunan Bank Sampah dan lain-lain.

Solihin mengatakan, usaha Pemkot Bandung untuk melakukan perubahan berhasil mencetak prestasi di kancah internasional. Salah satunya, Kota Bandung mendapat predikat Clean Air kategori Kota Metropolitan dengan udara terbersih di ASEAN.* rahman - humas.bandung.go.id

0/Post a Comment/Comments

POLRI PRESISI

KIM Cipedes

TOTAL VISITS :

Rumah Subsidi Rasa Komersil di Sumedang Kota, Hanya 33 Ribu Perhari

KIM Cipedes